© Attention :
“ Demi Kenyamanan Pengunjung kami rekomendasikan menggunakan
Browser ChromeTerima Kasih . . . . .”

INSTRUMEN MANAJERIAL GURU SEKOLAH DASAR




KOMPONEN : 1. STANDAR ISI
NO
INDIKATOR
DESKRIPTOR
SKOR
BUKTI FISIK/ INFORMASI PENDUKUNG
PEROLEHAN SKOR
1
2
3
4
5
6
1
Sekolah melaksanakan kurikulum berdasarkan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 8 muatan KTSP
4
a.  Struktur Program Sekolah
b.  Jadwal Pelajaran
c.  Program Ekstrakurikuler
d. Pembagian tugas Guru/Tenaga Administrasi


Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 muatan KTSP
3
Melaksanakan kurikulum berdasarkan 6 muatan KTSP
2
2






Sekolah melaksanakan program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
Melaksanakan minimal 4 jenis kegiatan layanan konseling
4
a.  Program Layanan Bimbingan dan
b.  SK Penugasan Guru Pembimbing

Melaksanakan 3 jenis kegiatan layanan konseling
3
Melaksanakan 2 jenis kegiatan layanan konseling
2
Melaksanakan 1 jenis kegiatan layanan konseling
1
Sebanyak 6 – 7 mata pelajaran, indikator telah sesuai dengan SK dan KD
2
Sebanyak 4 – 5  mata pelajaran, indikator telah sesuai dengan SK dan KD

1
3
Guru mengalokasikan waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada siswa maksimal 40% dari alokasi waktu tiap mata pelajaran
Sebanyak 76% 100% guru mata pelajaran memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
4
Daftar (Ceklist) guru yang memberikan tugas mandiri terstruktur dan tugas tidak terstruktur

Sebanyak 51% 75 % guru mata pelajaran memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
3
Sebanyak 26% 50% guru mata pelajaran memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
2
25 % atau kurang guru mata pelajaran memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur


1
4
Dalam mengembangkan KTSP, guru menyusun silabus sendiri


Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan sendiri oleh guru bersama-sama guru lain dalam satu sekolah/madrasah
4
Dokumen silabus mata pelajaran lengkap yang berlaku satu tahun terakhir dan telah disahkan oleh kepala sekolah

Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG)
3
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)/Dinas Pendidikan
2
Sebanyak 76% atau lebih silabus dikembangkan dengan mengadopsi atau mengadaptasi KTSP yang sudah ada
1

KOMPONEN : 2. STANDAR PROSES
NO
INDIKATOR
DESKRIPTOR
SKOR
BUKTI FISIK/ INFORMASI PENDUKUNG
PEROLEHAN SKOR
1
2
3
4
5
6
5
Guru setiap mata pelajaran memiliki Rencana Pelaksa-naan Pembelajaran (RPP) yang dijabarkan dari silabus
Sebanyak 10 atau lebih mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
4
a.  Dokumen RPP setiap guru dan tiap matapelajaran yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah berlaku satu tahun terakhir
b.  Daftar cek RPP tiap mapel

Sebanyak 7 – 9  mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
3
Sebanyak 4 – 6  mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus
2
Sebanyak 1 – 3  lebih mata pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus

1
6
Dalam mengembangkan KTSP, guru menyusun RPP

Sebanyak 81% – 100% RPP disusun oleh guru
4
a.  Dokumen RPP tiap mapel satu tahun terakhir
b.  Daftar cek penyusunan RPPoleh guru

Sebanyak 61% – 80 % RPP disusun oleh guru
3
Sebanyak 41% – 60% RPP disusun oleh guru
2
Sebanyak 40% atau kurang, RPP disusun oleh guru

1
7
RPP disusun dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan
Sebanyak 76% — 100% RPP sudah memperhatikan 6 prinsip penyusunan
4
a.  Dokumen RPP tiap mapel satu tahun terakhir
b.  Daftar cek penyusunan RPPoleh guru

Sebanyak 51% — 75% RPP
3
Sebanyak 26% — 50% RPP
2
Sebanyak 25% RPP atau kurang

1
8
Guru melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi 4 persyaratan yang ditentukan
4 persyaratan proses pembelajaran terpenuhi
4
a.  Jadwal tugas mengajar
b.  Data jumlah peserta didik kelas yang mmenjadi tanggungjawabnya.
c.  RPP


3 persyaratan proses pembelajaran terpenuhi
3
2 persyaratan proses pembelajaran terpenuhi
2
1 persyaratan proses pembelajaran terpenuhi
1
9
Guru melaksanakan proses pembelajaran dengan langkah-langkah pembe-lajaran sesuai ketentuan pada Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
76% - 100% guru melaksanakan proses pembelaran sesuai ketentuan Permendiknas nomor 41 tahun 2007
4
a.  Catatan hasil supervisi akademik
b.  RPP semua mapel

51% - 75% guru melaksanakan proses pembelaran sesuai ketentuan Permendiknas nomor 41 tahun 2007
3
26% - 50% guru melaksanakan proses pembelaran sesuai ketentuan Permendiknas nomor 41 tahun 2007
2
0% - 25% guru melaksanakan proses pembelaran sesuai ketentuan Permendiknas nomor 41 tahun 2007
1
10
Sekolah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik untuk kelas I — III.
Guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tematik pada seluruh kelas I - III
4
a. Dokumen RPP
b. Hasil Observasi kelas

Hanya di kelas I dan II
3
Hanya di kelas II dan III
2
Hanya di kelas I atau II atau III
1
11
Sekolah melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan mata pelajaran untuk kelas IV — VI
Guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan mata pelajaran pada seluruh kelas IV – VI
4
a. Dokumen RPP
b. Hasil Observasi kelas

Hanya di kelas V dan VI
3
Hanya di kelas IV dan V
2
Hanya di kelas VI atau V atau IV
1
12
Guru melakukan penilaian hasil belajar untuk memperbaiki proses pembelajaran
76% - 100% guru melakukan penilaian hasil belajar.
4
a.  RPP mapel
b.  Buku Penilaian/Daftar Nilai

51% - 75% guru melakukan penilaian hasil belajar
3
26% - 50% guru melakukan penilaian hasil belajar
2
0 %  - 25% guru melakukan penilaian hasil belajar

1
13
Kepala Sekolah melakukan pemantauan proses pem-belajaran mencakup tahap perencanaan, tahap pelak-sanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran
Mencakup 3 tahap pemantauan, disertai diskusi hasil pemantauan.
4
a.  Dokumen hasil supervisi dan tindaklanjutnya
b.  Buku pemantauan


Mencakup 3 tahap pemantauan, tanpa disertai diskusi hasil pemantauan.
3
Mencakup 2 tahap pemantauan,
2
Mencakup 1 tahap pemantauan,

1
14
Siswa memperoleh penga-laman belajar yang menun-jukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
Sekolah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan internet
4
Data inventaris/ Koleksi perpustakaan

Fasilitas sumber belajar yang disediakan meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan dan laboratorium
3
Fasilitas sumber belajar yang disediakan meliputi bahan ajar, buku teks dan perpustakaan
2
Fasilitas sumber belajar yang disediakan meliputi bahan ajar dan buku teks

1
15
Siswa memperoleh penga-laman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan sosial berdasarkan fasilitas sumber-sumber belajar yang disediakan sekolah
Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
4
a. Silabus matapelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. RPP mapel IPA dan IPS

Sebanyak 51% – 75% RPP
3
Sebanyak 26% – 50% RPP
2
Sebanyak   1% – 25% RPP

1
16
Siswa memperoleh penga-laman belajar melalui pro-gram pembiasaan untuk mencari informasi/pengeta-huan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar selama satu tahun pelajaran terakhir
Sekolah memfasilitasi kegiatan siswa dengan 5 sumber belajar :(1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) laboratorium, dan (5) internet.
4
a. Data inventaris sumber belajar
b. RPP

Sekolah hanya memfasilitasi 4 sumber belajar
3
Sekolah hanya memfasilitasi 3 sumber belajar
2
Sekolah hanya memfasilitasi 2 sumber belajar
1
17
Siswa memperoleh penga-laman belajar yang menun-jukkan kegemaran
membaca dan menulis
Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran memuat
kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
4
a. Silabus matapelajaran terkait
b. RPP

Sebanyak 51% – 75% RPP
3
Sebanyak 26% – 50% RPP
2
Sebanyak   1% – 25% RPP
1
18
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan
untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran dikait-kan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
4
a. Silabus matapelajaran terkait
b. RPP

Sebanyak 51% – 75% RPP
3
Sebanyak 26% – 50% RPP
2
Sebanyak   1% – 25% RPP
1
19
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kemampuan
untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal dalam satu tahu  terakhir
Sekolah melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
4
a. Silabus matapelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. Jurnal kegiatan siswa terprogram

Sekolah memfasilitasi 3 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
3
Sekolah memfasilitasi 2 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
2
Sekolah memfasilitasi 1 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal

1
20
Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh penga-laman belajar untuk dapat mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungannya
Tidak ada siswa yang melanggar peraturan sekolah
(terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,
dan lainnya)

4
a. Daftar siswa dan jenis pelanggaran
b. RPP

Kurang dari 5 % siswa yang melanggar
3
Sebanyak 6% – 10 % siswa yang melanggar
2
Sebanyak 11% – 15 % siswa yang melanggar

1
21
Dalam satu tahun terakhir siswa memperoleh penga-laman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia
Sekolah mengadakan 4 kali atau lebih kegiatan
yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
4
a. Silabus mata pelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. Jurnal kegiatan siswa terprogram

Sekolah menjalankan 3 jenis dan/atau 3 kali kegiatan yang relevan
3
Sekolah menjalankan 2 jenis dan/atau 2 kali kegiatan yang relevan
2
Sekolah menjalankan hanya 1 jenis dan/atau 1 kali kegiatan yang relevan

1
22
Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
Sekolah tiap pekan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
4
a. Silabus mata pelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. Jurnal kegiatan siswa terprogram

Sekolah tiap bulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
3
Sekolah tiap triwulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
2
Sekolah tiap semester menyelenggarakan kegiatan kebersihan

1
23
Siswa memperoleh penga-laman belajar untuk dapat menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
Sekolah setiap minggu menyelenggarakan 4 jenis atau lebih kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
4
a. Silabus mata pelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. Jurnal kegiatan siswa terprogram

Sekolah melaksanakan 3 kegiatan yang relevan
3
Sekolah melaksanakan 2 kegiatan yang relevan
2
Sekolah melaksanakan hanya 1 kegiatan yang relevan


1
24
Siswa memperoleh penga-laman belajar untuk menghargai keberagaman
agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi pada satu tahun terakhir
Sekolah menyelenggarakan 4 kali atau lebih kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
4
a. Silabus mata pelajaran terkait
b. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
c. Jurnal kegiatan siswa terprogram

Sekolah melaksanakan 3 kegiatan yang relevan pada satu tahun terakhir
3
Sekolah melaksanakan 2 kegiatan yang relevan pada satu tahun terakhir
2
Sekolah melaksanakan hanya 1 kegiatan yang relevan pada satu tahun terakhir


1
25
Siswa memperoleh penga-laman belajar bekerjasama dalam kelompok,tolong- menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran
menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif
learning)
4
a. Silabus mata pelajaran terkait
b. RPP

Sebanyak 51% – 75% RPP
3
Sebanyak 26% – 50% RPP
2
Sebanyak   1% – 25% RPP


1

26

Siswa memperoleh penga-laman belajar yang menun-jukkan kemampuan meme-cahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran
menggunakan metode pemecahan masalah (problem
solving/problem based learning)

4

a. Silabus mata pelajaran terkait
b. RPP

Sebanyak 51% – 75% RPP
3
Sebanyak 26% – 50% RPP
2
Sebanyak   1% – 25% RPP


1
27
Siswa memperoleh penga-laman belajar dalam berkomunikasi baik lisan
maupun tulisan
Tersedianya (1) kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, (2) laporan hasil kunjungan karya wisata/studi, (3) lapangan, (4) majalah dinding, dan (5) buletin siswa internal sekolah, serta (6) diskusi dan presentasi
4
a. Koleksi perpustakaan
b. Daftar kegiatan siswa terprogram

Sekolah menyediakan 4 – 5 fasilitas di atas
3
Sekolah menyediakan 2 – 3 fasilitas di atas
2
Sekolah menyediakan hanya 1 fasilitas di atas

1
28
Siswa memperoleh penga-laman belajar yang menun-jukkan keterampilan menyi-mak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
Sekolah menghasilkan 4 karya siswa atau lebih
4
a. Daftar kegiatan ekstrakurikuler
b. Portofolio siswa

Sekolah menghasilkan 3 karya siswa
3
Sekolah menghasilkan 2 karya siswa
2
Sekolah menghasilkan hanya 1 karya siswa
1

KOMPONEN : 4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
NO
INDIKATOR
DESKRIPTOR
SKOR
BUKTI FISIK/ INFORMASI PENDUKUNG
RESPONDEN
1
2
3
4
5
6
29
Guru mampu berkomunikasi secara efektif dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orangtua, dan masyarakat
bila ada dialog dalam 4 kegiatan : (1) rapat dewan guru, (2) rapat antara guru dengan kepala sekolah, (3) rapat antara guru dengan komite, dan (4) pertemuan antara guru dengan orangtua siswa/masyarakat).
4
Data hasil wawancara
Guru
Bila hanya 3 kegiatan
3
Bila hanya 2 kegiatan
2
Bila hanya 1 kegiatan

1
30
Guru memiliki mmengmateuasai materi pelajaran, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
bila sebanyak 76%-100% guru sudah memiliki
4
a.  Data hasil wawancara
b.  Data hasil observasi kelas
Guru
bila sebanyak 51% - 75% guru sudah memiliki
3
bila sebanyak 26% - 50% guru sudah memiliki
2
bila sebanyak  0 % - 25% guru sudah memiliki
1
mempunyai pengalaman mengajar antara 8 – 9 tahun
3
mempunyai pengalaman mengajar antara 6 – 7 tahun
2
mempunyai pengalaman mengajar antara 5 tahun atau kurang
1
KOMPONEN : 8. STANDAR PENILAIAN
NO
INDIKATOR
DESKRIPTOR
SKOR
BUKTI FISIK/ INFORMASI PENDUKUNG
PEROLEHAN SKOR
1
2
3
4
5
6
31
Guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian yang ada dalam silabus mata pelajaran kepada siswa pada awal semester yang berjalan
Sebanyak 76% — 100% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa
4
Data hasil wawancara

Sebanyak 51% — 75% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa
3
Sebanyak 26% — 50% guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa
2
Sebanyak 25% atau kurang guru menginformasikan rancangan dan kriteria penilaian kepada siswa
1
32
Teknik penilaian yang ada pada silabus telah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar (KD)
Sebanyak 96% — 100% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD
4
Dokumen silabus dan RPP

Sebanyak 91% — 95% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD
3
Sebanyak 86% — 90% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD
2
Sebanyak 81% — 85% silabus memuat teknik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian KD
1
33
Guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
Sebanyak 86% — 100% guru mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
4
Dokumen silabus, RPP dan Instrumen penillaian

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1
34
Guru menggunakan berbagai teknik penilaian
Sebanyak 86% — 100% guru melakukan penilaian dengan menggunakan 4 atau lebih teknik penilaian
4
Dokumen silabus, RPP dan Instrumen penillaian

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1
35
Guru mengolah/ mengana-lisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa
Sebanyak 86% — 100% guru mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar siswa
4
a.  Program pengolahan nilai berbasis ICT
b.  Dokumen hasil analisis nilai

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang

1
36
Guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/ komentar yang mendidik
Sebanyak 86% — 100% guru mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar yang mendidik
4
a.  Lembar penilaian hasil belajar siswa
b.  Data hasil wawancara

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1
37
Guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
Sebanyak 86% — 100% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
4
Buku program perbaikan dan pengayaan

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1
38
Guru melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada kepala sekolah dalam bentuk laporan pres-tasi belajar siswa
Sebanyak 100% guru melaporkan hasil penilaian prestasi belajar siswa kepada kepala sekolah
4
Lembar laporan nilai
Buku  Rapor

Sebanyak 95% — 99% guru melaporkan hasil penilaian
3
Sebanyak 90% — 94% guru melaporkan hasil penilaian
2
Sebanyak 85% guru atau kurang melaporkan hasil penilaian
1
39
Guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester
Sebanyak 86% — 100% guru melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru Pendidikan Agama
4
Lembar laporan nilai
Buku Rapor

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1
40
Guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester
Sebanyak 86% — 100% guru melaporkan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan
4
Lembar laporan nilai
Buku Rapor

Sebanyak 71% — 85% guru
3
Sebanyak 56% — 70% guru
2
Sebanyak 55% guru atau kurang
1






41
Sekolah menerbitkan dan menyerahkan Surat Kete-rangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) setiap siswa yang mengikuti Ujian Nasional

Kurang dari 7 hari setelah pengumuman hasil ujian
4
Buku penerimaan ijazah

Antara 8 — 14 hari setelah pengumuman hasil ujian
3
Antara 15 — 21 hari setelah pengumuman hasil ujian
2
Antara 22 hari atau lebih setelah pengumuman hasil ujian
1
42
Sekolah menyerahkan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Kurang dari 7 hari setelah pengumuman hasil ujian
4
Buku penerimaan ijazah

Antara 8 — 14 hari setelah pengumuman hasil ujian
3
Antara 15 — 21 hari setelah pengumuman hasil ujian
2
Antara 22 hari atau lebih setelah pengumuman hasil ujian
1

 Untuk Download File doc ada di bawah ini:













Tiada ulasan:

Catat Ulasan